Rabu, 11 Januari 2023

monetisasi short youtube 2023

 Apa yang berubah?

Kami memperbarui persyaratan Program Partner YouTube. Untuk tetap mengikuti Program Partner YouTube, Anda harus mempelajari dan menyetujui persyaratan yang baru paling lambat 10 Juli 2023.

Pelajari lebih lanjut

Setelah menyetujui persyaratan baru ini, Anda dapat mengaktifkan cara baru untuk memperoleh penghasilan seperti Iklan Feed Shorts.


Persyaratan Dasar

Persyaratan ini harus ditinjau dan disetujui agar Anda dapat tergabung dalam Program Partner YouTube


Ketentuan Program Mitra YouTube

Ketentuan Program Mitra YouTube (“Ketentuan Dasar”), beserta Ketentuan Layanan YouTube, Kebijakan Monetisasi Channel YouTube, dan setiap Modul yang Anda setujui (bersama-sama disebut “Ketentuan”) berlaku untuk partisipasi Anda dalam Program Mitra YouTube. Harap baca Ketentuan ini dengan cermat. Jika Anda tidak memahami atau menyetujui bagian mana pun dari Ketentuan, Anda tidak boleh mengklik “Setuju”.


Cara kerja Ketentuan ini. Monetisasi Konten Anda pada Layanan diatur oleh Ketentuan, termasuk satu atau beberapa modul yang menentukan ketentuan yang berlaku untuk monetisasi berbagai jenis konten atau bagian Layanan (masing-masing disebut “Modul”). Kriteria kelayakan yang berbeda akan berlaku untuk setiap Modul dan, jika Anda memenuhi syarat, Anda dapat meninjau ketentuan yang relevan dan menyetujui Modul untuk mengaktifkan jenis monetisasi tertentu. Setelah menyetujui suatu Modul, Modul tersebut akan disertakan dalam Ketentuan dan hanya dapat diubah atau dihentikan sebagaimana diuraikan di bawah.

Yang kami bayarkan kepada Anda. Setelah Anda menyetujui Modul, YouTube akan membayar Penghasilan Mitra kepada Anda berdasarkan Modul tersebut. “Penghasilan Mitra” adalah jumlah yang dideskripsikan dalam Modul, yang dihitung sesuai dengan hal berikut:

Penghitungan Pendapatan. Di setiap Modul, Penghasilan Mitra dihitung dari sebagian Pendapatan Bersih yang dideskripsikan Modul sebagai pendapatan yang diatribusikan ke Konten Anda. “Pendapatan Bersih” adalah total jumlah pendapatan yang relevan yang diakui oleh YouTube berdasarkan Prinsip Akuntansi yang Berlaku Umum di Amerika Serikat, setelah dikurangi:

Pajak yang dikumpulkan atau yang harus dibayarkan oleh YouTube. “Pajak(-Pajak)” adalah semua kewajiban pajak yang diberlakukan oleh pemerintah (termasuk pajak, bea, dan pajak potong), kecuali yang didasarkan pada penghasilan bersih, kekayaan bersih, nilai aset, nilai properti, atau status kerja;

pengembalian dana, penagihan balik, atau pembayaran yang ditolak;

biaya yang harus dibayarkan ke platform, perangkat atau mitra distribusi lainnya; dan

Biaya Terkait Negara. “Biaya Terkait Negara” adalah sejumlah uang yang diberitahukan YouTube kepada Anda bahwa jumlah tersebut akan dipotong oleh YouTube dan yang merepresentasikan biaya yang ditanggung oleh YouTube berkaitan dengan: (A) hak pihak ketiga; (B) biaya peraturan (termasuk biaya atau ongkos yang dibayarkan oleh YouTube kepada pihak ketiga mana pun untuk mematuhi semua hukum atau peraturan); dan/atau (C) pajak atau retribusi platform; di setiap kasus yang ditanggung sehubungan dengan negara atau wilayah tertentu yang menampilkan atau memonetisasi Konten Anda. YouTube akan memberi tahu Anda mengenai setiap Biaya Terkait Negara yang berlaku, termasuk jumlah dan metode untuk menghitung Biaya Terkait Negara tersebut, setidaknya empat puluh lima (45) hari sebelum biaya tersebut dipotong.

Penyesuaian Izin Hak. Jika YouTube mengetahui dari salah satu atau beberapa pihak ketiga bahwa Anda mungkin tidak memperoleh semua hak yang diperlukan dalam Konten Anda (misalnya hak dalam musik) sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Ketentuan Layanan YouTube (“Hak Tanpa Izin”), Konten tersebut mungkin harus dihapus dari Layanan dan, jika tidak demikian, Anda mungkin tidak berhak untuk memperoleh pendapatan sehubungan dengan konten tersebut. Namun, dalam situasi tertentu, sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Penyesuaian Izin Hak, YouTube mungkin berupaya untuk memperoleh beberapa atau semua Hak Tanpa Izin dan kemudian mengurangi Penghasilan Mitra yang seharusnya dibayarkan kepada Anda (“Penyesuaian Izin Hak”). Kebijakan tersebut berisi detail tentang: (i) situasi dan negara tempat Penyesuaian izin Hak berlaku; (ii) bagaimana YouTube dapat mengetahui bahwa Konten Anda mencakup Hak Tanpa Izin (misalnya sebagai akibat dari gugatan hak tertentu oleh salah satu atau beberapa pihak ketiga); (iii) bagaimana Anda dapat mengajukan keberatan berdasarkan Penyesuaian Izin Hak tersebut (misalnya dengan mengajukan banding atas gugatan Content ID); dan (iv) bagaimana YouTube menghitung pendapatan yang harus dibayarkan kepada Anda dengan memperhitungkan Hak Tanpa Izin.

Pendapatan yang Tidak Memenuhi Syarat. YouTube dapat: (i) memotong atau menyesuaikan Penghasilan Mitra yang berkaitan dengan pelanggaran Ketentuan (termasuk Kebijakan Monetisasi Channel YouTube) atau (ii) menagih kembali atau mengurangi jumlah Penghasilan Mitra pada Penghasilan Mitra mendatang yang harus dibayarkan kepada Anda. YouTube akan memberi tahu Anda jika salah satu situasi tersebut terjadi, dan memberikan detail tentang cara mengajukan banding, sesuai dengan kebijakan ini.

Kapan Anda tidak akan memperoleh pendapatan. YouTube tidak berkewajiban untuk memonetisasi Konten Anda, termasuk menampilkan iklan apa pun yang terkait dengan konten tersebut, dan dapat menentukan jenis dan format iklan serta bentuk monetisasi lain yang tersedia di Layanan. Selain itu, Anda tidak berhak memperoleh atau menerima Penghasilan Mitra: (a) jika berkaitan dengan pelanggaran Ketentuan (termasuk Kebijakan Monetisasi Channel YouTube); (b) jika YouTube telah menangguhkan atau menghentikan akses Anda ke sebagian Layanan berdasarkan Pasal 6; atau (c) kecuali jika YouTube memiliki kewajiban spesifik untuk berbagi pendapatan dengan Anda berdasarkan Modul yang telah Anda setujui (misalnya, Anda tidak berhak untuk memperoleh pendapatan sehubungan dengan iklan yang ditampilkan di halaman hasil penelusuran).

Cara kami membayar pendapatan Anda.

Ketentuan Akun Pembayaran. Untuk memperoleh atau menerima Penghasilan Mitra berdasarkan Ketentuan Dasar ini, Anda harus selalu memiliki akun AdSense aktif yang dikaitkan dengan akun pengguna YouTube Anda (atau metode pembayaran lainnya sebagaimana yang disetujui oleh YouTube).

Proses Pembayaran. YouTube akan membayar Penghasilan Mitra yang terutang kepada Anda berdasarkan Ketentuan Dasar ini dalam waktu enam puluh (60) hari setelah akhir bulan kalender, dengan ketentuan saldo yang Anda peroleh berjumlah setidaknya US $100 (atau jumlah yang setara dalam mata uang lokal) saat pembayaran telah jatuh tempo. YouTube dapat, melalui tindakan yang wajar dan dengan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda, menunda pembayaran Penghasilan Mitra sesuai dengan kebijakan yang berlaku, termasuk: (i) hingga sembilan puluh (90) hari sambil menyelidiki apakah semua atau sebagian Penghasilan Mitra tersebut dikenai pajak potong atau tindakan lainnya berdasarkan Pasal 2(c); atau (ii) hingga penyelesaian sengketa pihak ketiga terkait hak dalam Konten Anda.

Pajak. Semua pembayaran Penghasilan Mitra termasuk Pajak apa pun (sebagaimana didefinisikan di atas) yang mungkin harus Anda kumpulkan dari YouTube. YouTube akan memotong/memungut Pajak jika diwajibkan secara hukum. Anda harus menyerahkan dokumen pajak umum yang diminta secara wajar oleh YouTube secara tepat waktu.

Perubahan pada Ketentuan. Kami mungkin perlu melakukan perubahan pada Ketentuan (termasuk Kebijakan Monetisasi Channel YouTube atau Modul), misalnya: (i) untuk mencerminkan perubahan pada Layanan kami; (ii) untuk alasan hukum, peraturan, atau keamanan; atau (iii) untuk mencegah penyalahgunaan atau bahaya. Jika kami secara material mengubah Ketentuan, kecuali dalam situasi mendesak (seperti mencegah penyalahgunaan berkelanjutan atau melaksanakan persyaratan hukum), kami akan memberi Anda pemberitahuan awal yang wajar dan peluang untuk meninjau perubahan tersebut. Jika Anda tidak setuju dengan perubahan tersebut, Anda dapat menghentikan ketentuan yang terpengaruh atau menonaktifkan atau menghentikan penggunaan bagian Layanan yang relevan sebelum periode pemberitahuan berakhir.

Menangguhkan atau Menghentikan Monetisasi. Anda dapat menonaktifkan monetisasi Konten Anda berdasarkan Modul tertentu kapan saja dengan menonaktifkannya melalui YouTube Studio. Jika Anda tidak mematuhi Ketentuan, selain tindakan yang mungkin kami lakukan berdasarkan Ketentuan Layanan YouTube, YouTube dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan Kebijakan Monetisasi Channel YouTube, termasuk: (i) dengan segera menangguhkan monetisasi semua atau sebagian Konten Anda berdasarkan Modul beserta akses ke alat monetisasi apa pun yang disediakan YouTube untuk Anda; atau (ii) secara permanen menonaktifkan monetisasi dengan segera menghentikan partisipasi Anda dalam Program Mitra YouTube, atau, jika diwajibkan oleh hukum yang berlaku, dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis sebelumnya. Dalam kedua kasus tersebut, kami akan memberi tahu Anda saat kami menerapkan kebijakan kami, serta memberi tahu Anda cara mengajukan banding.

Pengakhiran Ketentuan ini.

Pengakhiran Tanpa Alasan. Anda atau YouTube dapat mengakhiri Ketentuan Dasar ini, atau satu atau beberapa Modul tertentu, tanpa alasan, dengan mengirimkan pemberitahuan 30 hari sebelumnya kepada pihak lain.

Pengakhiran Dengan Alasan. Anda dapat segera menghentikan Ketentuan Dasar ini dengan pemberitahuan jika YouTube melakukan pelanggaran material. Jika YouTube secara permanen menonaktifkan monetisasi semua Konten Anda berdasarkan Pasal 6 (Menangguhkan atau Menghentikan Monetisasi) di atas, Ketentuan Dasar dan semua Modul ini akan dianggap diakhiri.

Dampak Pengakhiran. Agar lebih jelas, jika Ketentuan Dasar diakhiri, Ketentuan Layanan YouTube akan tetap dan terus berlaku untuk penggunaan Layanan yang berkelanjutan oleh Anda.

Pemasaran. Anda mungkin akan diikutsertakan dalam email pemasaran dari YouTube sampai Anda berhenti berlangganan atau mengubah preferensi di akun pengguna YouTube Anda di www.youtube.com/account_notifications.

Hukum yang Mengatur. Hukum yang mengatur dan ketentuan penyelesaian sengketa dari Ketentuan Layanan YouTube berlaku untuk Ketentuan Dasar ini dan Modul apa pun.

Pertentangan. Jika ada pertentangan antara Ketentuan Dasar ini dan: (i) Modul, Modul yang akan berlaku; dan (ii) ketentuan AdSense, Ketentuan Dasar ini yang akan berlaku; dan (iii) Ketentuan Layanan YouTube, Ketentuan Dasar ini yang akan berlaku.

Lain-lain. Istilah yang diawali dengan huruf kapital yang digunakan tetapi tidak didefinisikan dalam Ketentuan Dasar ini akan memiliki makna yang sama seperti dalam Ketentuan Layanan YouTube. Ketentuan Dasar ini (dan Modul apa pun) menggantikan semua versi Ketentuan Program Mitra YouTube sebelumnya atau versi saat ini (atau yang sejenis) antara Anda dan YouTube. Namun, setiap perjanjian terpisah yang mungkin telah Anda sepakati dengan YouTube yang mengamandemen atau menyertakan versi Ketentuan Program Mitra YouTube sebelumnya akan dianggap berlaku untuk Ketentuan Dasar ini. Kecuali sebagaimana yang telah diubah oleh Ketentuan Dasar ini, Ketentuan Layanan YouTube tetap berlaku dan memiliki kekuatan hukum penuh. Anda dapat memberikan pemberitahuan kepada YouTube dengan mengirimkan email ke legal-notices@google.com. Setiap pemberitahuan oleh YouTube akan dikirimkan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Anda menyatakan bahwa: (i) Anda telah berusia minimal 18 tahun ke atas, atau (ii) Anda adalah orang tua atau wali dari peserta Program Mitra YouTube yang berusia antara 13 dan 18 tahun dan menyetujui ketentuan ini atas nama mereka.


Persyaratan Halaman Tonton

Dengan persyaratan ini, Anda dapat memperoleh penghasilan dari iklan dan YouTube Premium di Halaman Tonton

Modul Monetisasi Halaman Tonton

Modul Monetisasi Halaman Tonton ini (“Modul” ini) dibuat berdasarkan dan disertakan ke dalam ketentuan di mana Anda berpartisipasi dalam Program Mitra YouTube (“Kententuan”). Harap baca Modul ini dengan cermat. Kata yang diawali dengan huruf kapital yang digunakan tetapi tidak didefinisikan dalam Modul ini akan memiliki makna yang sama seperti dalam Ketentuan.


1. Status Berlaku. Modul ini berlaku hanya jika Konten Anda ditampilkan dalam bagian Layanan berikut:


“Halaman Menonton Konten” adalah sebuah halaman di situs atau aplikasi “YouTube”, “YouTube Music”, atau “YouTube Kids” yang utamanya ditujukan untuk deskripsi dan pemutaran Konten Anda (tetapi juga dapat menampilkan iklan atau konten yang direkomendasikan). Agar lebih jelas, “Halaman Menonton Konten” mencakup: (i) sebuah halaman khusus untuk saluran Anda; dan (ii) setiap feed konten yang direkomendasikan dan iklan yang ditayangkan di halaman tersebut yang utamanya ditujukan untuk Konten Anda; tetapi tidak termasuk: (x) jenis feed konten lain (misalnya feed “YouTube Shorts”); atau (y) halaman hasil penelusuran; dan

“Pemutar Video YouTube” adalah satu atau beberapa pemutar media digital yang disediakan oleh YouTube, tanpa biaya, semata-mata untuk menampilkan Konten sematan di situs atau aplikasi yang bukan bagian dari Layanan.

Agar lebih jelas, Modul ini tidak berlaku jika Konten Anda disediakan melalui Layanan di antarmuka pemutar video berbasis feed yang saat ini dikenal sebagai “YouTube Shorts” atau pemutar sematan terkait lain.


2. Pendapatan Iklan. YouTube akan membayar Anda sebesar 55% dari Pendapatan Bersih atas iklan yang ditampilkan atau distreaming oleh YouTube atau pihak ketiga yang diberi wewenang: (a) di Halaman Menonton Konten Anda; atau (b) bersama dengan pemutaran Konten Anda di Pemutar Video YouTube.


3. Pendapatan Langganan. YouTube akan membayar Anda sebesar 55% dari Pendapatan Bersih atas biaya langganan yang diatribusikan ke penayangan atau waktu tonton bulanan dari Konten Anda di: (a) Halaman Menonton Konten; atau (b) Pemutar Video YouTube, sebagai persentase dari penayangan atau waktu tonton bulanan untuk semua atau sebagian konten yang berpartisipasi dalam penawaran langganan yang relevan. Jika Konten Anda disertakan dan dilihat oleh pengguna di beberapa penawaran langganan, YouTube akan membayar Anda berdasarkan penawaran langganan dengan jumlah Pendapatan Bersih tertinggi.


Anda menyatakan bahwa: (i) Anda telah berusia minimal 18 tahun ke atas, atau (ii) Anda adalah orang tua atau wali dari peserta Program Mitra YouTube yang berusia antara 13 dan 18 tahun dan menyetujui ketentuan ini atas nama mereka.


Catatan: Adendum Produk Commerce (CPA) Anda yang lama, yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan dari Supers dan Langganan, akan menjadi Modul baru sesuai dengan persyaratan Program Partner YouTube yang diperbarui. Jika tidak ingin lagi menerapkan CPA, Anda dapat memilih untuk tidak mengikuti Supers dan Langganan.


Modul Monetisasi Shorts

Modul Monetisasi Shorts ini (“Modul” ini) dibuat berdasarkan dan disertakan ke dalam ketentuan di mana Anda berpartisipasi dalam Program Mitra YouTube (“Ketentuan”), serta mulai berlaku sejak 1 Februari 2023 atau tanggal Anda menyetujui Modul ini (dipilih yang paling baru). Harap baca Modul ini dengan cermat. Kata dalam huruf kapital yang digunakan tetapi tidak didefinisikan dalam Modul ini akan memiliki makna yang sama seperti dalam Ketentuan.


Keberlakuan. Modul ini berlaku untuk Shorts. “Shorts” adalah konten yang disediakan melalui Layanan di antarmuka pemutar video berbasis feed yang saat ini dikenal sebagai “YouTube Shorts” (“Pemutar Shorts”). “Feed Shorts” adalah bagian feed video dari Pemutar Shorts yang berisi video Shorts dan mungkin diselingi dengan iklan dan konten lain yang direkomendasikan, namun agar lebih jelas, Feed Shorts tidak termasuk:

bagian dari Pemutar Shorts yang menampilkan beberapa video Shorts secara bersamaan (termasuk gambar diam) untuk tujuan selain menonton video Shorts (misalnya, untuk menelusuri, mencari, atau melihat-lihat); atau

iklan yang ditayangkan saat membuka Feed Shorts sebelum video Shorts ditonton.

Pendapatan Iklan Shorts. YouTube akan membayar Anda sebesar 45% dari Pendapatan Iklan Shorts. “Pendapatan Iklan Shorts” adalah:

Pendapatan Iklan Gabungan. Bagian dari Gabungan Shorts Kreator (sebagaimana yang diuraikan di bawah) yang diatribusikan ke penayangan Konten Shorts Anda sebagai persentase atas penayangan total dari semua konten yang dialokasikan ke Gabungan Shorts Kreator (“Pendapatan Iklan Gabungan”), di mana:

“Gabungan Shorts Kreator” adalah bagian dari Pendapatan Iklan Gabungan Bruto, yang dihitung berdasarkan setiap negara, yang diatribusikan ke: (A) penayangan total dari semua Shorts yang diunggah oleh mitra yang melakukan monetisasi dan tidak termasuk Konten Musik; serta (B) penayangan sebagian dari semua Shorts yang diunggah oleh mitra yang melakukan monetisasi dan termasuk beberapa, tetapi tidak sepenuhnya terdiri atas Konten Musik (sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 4 di bawah); secara bersama-sama sebagai persentase penayangan total dari semua Shorts;

“Gabungan Pendapatan Kotor Iklan” adalah Pendapatan Bersih dari iklan yang ditayangkan di Feed Shorts yang tidak terhubung secara langsung ke sebuah Shorts; dan

“Konten Musik” adalah konten yang ditayangkan ke, diupload ke, atau diklaim di, Layanan oleh Mitra pemegang lisensi musik di YouTube; dan

Pendapatan Iklan Langsung. Pendapatan Bersih dari penayangan iklan yang ditayangkan atau distreaming oleh YouTube atau pihak ketiga yang diberi wewenang langsung di Konten Shorts Anda (misalnya, iklan yang terhubung secara langsung hanya dengan Konten Shorts Anda, bukan iklan selingan di Feed Shorts).

Pendapatan Langganan Shorts. YouTube akan membayar Anda sebesar 45% dari Pendapatan Langganan Shorts. "Pendapatan Langganan Shorts” adalah Pendapatan Bersih dari biaya langganan yang diatribusikan ke penayangan bulanan dari Konten Shorts Anda sebagai persentase atas penayangan bulanan untuk semua atau sebagian konten yang berpartisipasi dalam penawaran langganan yang relevan. Jika Konten Shorts Anda disertakan dan dilihat oleh pengguna di beberapa penawaran langganan, YouTube akan membayar Anda berdasarkan penawaran langganan dengan jumlah Pendapatan Langganan Shorts tertinggi.

Shorts Berisi Konten Pihak Ketiga. Bagian ini menguraikan bagaimana penayangan dihitung untuk tujuan penghitungan setiap Gabungan Shorts Kreator, Pendapatan Iklan Gabungan, dan Pendapatan Langganan Shorts jika video Shorts menyertakan konten pihak ketiga. Jika YouTube menganggap konten yang dimiliki atau dilisensikan oleh pihak mana pun selain uploader sebagai memberikan kontribusi ke video Shorts, setiap penayangan dari video Shorts itu akan dibagi berdasarkan pembagian yang ditentukan dalam Kebijakan Monetisasi Shorts. Kebijakan tersebut menguraikan apakah dan bagaimana YouTube menganggap kontribusi dari berbagai jenis konten ke video Shorts dan bagaimana penayangan dialokasikan antara uploader video Shorts dan pihak yang mengontribusikan konten ke video Shorts.

Penayangan yang Tidak Memenuhi Syarat. Untuk tujuan penghitungan pembayaran berdasarkan Modul ini, YouTube tidak akan menghitung penayangan Shorts jika penayangannya tidak memenuhi syarat, seperti yang diuraikan dalam Kebijakan Monetisasi Shorts.

Anda menyatakan bahwa: (i) Anda telah berusia minimal 18 tahun ke atas, atau (ii) Anda adalah orang tua atau wali dari peserta Program Mitra YouTube yang berusia antara 13 dan 18 tahun dan menyetujui ketentuan ini atas nama mereka.

0 comments: