Selasa, 03 Januari 2023

CARA MEMPERBAIKI DAN MELUKIS SEPATU ATAU MENGECAT SEPATU, JOK MOBIL, SOFA [ BAHAN KULIT, KAIN, LEVIS, BELUDRU, KANVAS] [IDE USAHA PERAWATAN]

CARA MEMPERBAIKI DAN MELUKIS SEPATU ATAU MENGECAT SEPATU, JOK MOBIL, SOFA 

[ BAHAN KULIT, KAIN, LEVIS, BELUDRU, KANVAS] 

[IDE USAHA PERAWATAN]


KLIK PADA GAMBAR UNTUK MENONTON VIDEO



Kita cat atau lukis aja agar cantik kembali dan seperti baru!!!

        Mungkin banyak yang tidak tau dan mungkin juga tidak kepikiran untuk memperbaiki sepatu kesayangan kita yang sudah lama dan terlihat usang dan pada akhirnya kita pun harus merelakan sepatu itu untuk di buang atau jika ada yang mau kita akan memberikannya kepada orang tersebut.

namun disini saya ingin memberi ide untuk anda agar anda dapat memperbaiki sepatu kesayangan sehingga dapat kembali menemani perjalanan kita tanpa rasa malu karena seperti memakai sepatu baru.

cara yang paling mudah adalah dengan mengecat ulang atau istilahnya Repaint. karena selain sangat mudah juga tentunya low cost di bandingkan dengan kita membeli sepatu baru. apalagi sepatu kesayangan kita itu adalah sepatu brand terkenal.

jika anda melihat warna sepatu kesayangan sudah mulai memudar dan ingin membuatnya kembali terlihat seperti baru maka anda bisa coba melakukan pengecatan ulang pada sepatu tersebut. hal ini akan sangat menyenangkan dan jangan khawatir  akan ribet atau bahkan menjadi lebih buruk hasilnya.

Sebenarnya dalam melakukan pengecatan sepatu kita hanya perlu pelan pelan dan kesabaran,  bahkan anda dapat membuat sepatu tersebut menjadi lebih keren dari sebelumnya dengan kreasi anda sendiri. 

untuk melakukan Repaint sepatu anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut :


Siapkan Perlengkapan mengecat :

Tentunya saat kamu sudah memulai pengecatan, kamu harus fokus supaya pewarnaannya optimal.  Oleh karena itu sebaiknya persiapkan dulu perlengkapannya dalam satu tempat. Alasannya supaya nanti kamu tidak perlu meninggalkan sejenak pengecatan untuk cari-cari perlengkapan yang kurang. Adapun perlengkapan yang harus kamu persiapkan antara lain :


NONTON STREAMING MEMPERBAIKI SEPATU KULIT MENGELUPAS :

klik pada gambar untuk menonton video :



 



Klik pada gambar untuk daftar Safelinku :
Share link apa saja di bayar Dollar


Klik pada gambar untuk daftar Safefileku :
cuma upload file dibayar Dollar


Klik pada gambar untuk daftar adfly :
memendekan link dibayar Dollar


Berikut tahapan pengerjaanya :

1. Bersihkan Sepatu

Sebelum anda melakukan proses pengecatan sebaiknya sepatu dibersihkan sesuai dengan jenis sepatunya dengan panduan berikut :


a. SEPATU KULIT

Jika sepatu yang akan anda cat adalah sepatu kulit sebaiknya dibersihkan dari kotoran, debu dan minyak dengan cara di lap saja dengan lap kering atau sedikit air jika memang kotorannya membandel. kupas kulit yang sudah rusak dan sudah mau copot dari sepatu dan pada bagian ini anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. untuk jenis sepatu kulit anda tidak boleh menggunakan banyak air saat membersihkannya karena itu dapat membuat kulit sepatu menjadi retak retak. dan jika memungkinkan anda dapat menggunakan paint remover atau preparation paint untuk sepatu. agar cat dapat menempel sempurna pada sepatu

klik pada gambar jika anda ingin membeli pembesih kulit untuk persiapan

mengecat sepatu :





Jika sepatu kulit dalam keadaan sempurna hanya kusam saja maka gunakan Leather Preparer and deglazer. Leather preparer berfungsi sebagai pembersih lapisan finish atau juga lapisan wax (lilin) pada bahan kulit/leather, supaya pori pori kulit terbuka sebelum di aplikasikan, agar cat merekat maksimal di kulit.

Juga bisa untuk menghapus cat, membersihkan kuas yang mengering, dan sebagai pembersih midsole karet sebelum di repaint, bahan dasar Aseton MURNI 99% bukan aseton kutek yang biasanya sudah di campur air atau bahan2 lain, jadi membersihkan permukaan kulit lebih cepat, mudah, dan hemat (pemakaian nya cuma sedikit)






Jika sudah ada kulit yang terkelupas ataupun kulit sepatu sudah retak retak maka yang perlu dilakukan adalah mendempulnya dengan dempul kulit sintetis agar nantinya hasil cat rapih dan rata.









untuk sepatu jenis ini prosesnya lebih mudah anda hanya perlu membesihkan dengan menyikat sehingga jika ada debu debu bisa dikeluarkan dari pori kain dan jika perlu di cuci saja seperti biasanya.


2. Pemilihan Jenis Cat yang tepat sesuai jenis sepatu

Untuk cat sepatu ini sendiri ada jenisnya untuk masing masing bahan sepatu. sama halnya dengan cat tembok seperti yang kita ketahui tidak bisa untuk mengecat besi walaupun bisa tentu hasilnya tidak lah baik.

walaupun demikian saya pernah juga mengecat sepatu kulit menggunakan pylox dan cat besi pada channel youtube saya embongstudio dan hasilnya cukup lumayan dan hasilnya masih tetap cantik dan kuat sampe sekarang. namun disini saya ingin memberikan tutorial agar hasilnya lebih sempurna :

jika anda penasaran ingin menonton videonya silahkan klik pada gambar :

klik pada gambar untuk menonton video

Seperti yang anda tahu bahwa cat juga banyak jenisnya, ada cat minyak, cat air, cat acrylic, cat poster, cat tembok, dll. 

Dari semua jenis cat yang saya sebutkan itu yang paling cocok untuk mewarnai sepatu adalah cat acrylic. Selain karena harganya tergolong murah dan  mudah didapatkan, cat ini juga tidak akan membuat sepatu anda mengeras dan tetap elastis bila nanti sudah kering.

untuk melakukan pengecatan atau membuat motif anda harus memilih jenis cat yang tepat sesuai dengan jenisnya misalnya cat sepatu bahan kain atau cat sepatu bahan kulit

Silahkan klik pada gambar jika ingin membeli 

cat sepatu khusus bahan kain, jeans, beludru





namun jika anda tidak ingin membeli cat khusus untuk sepatu anda dapat membeli satu jenis saja cat yang dapat digunakan untuk di semua bahan sepatu artinya untuk, bahan kulit, bahan kanvas, bahan kain atau bahan karet tinta ini dapat di gunakan pokoknya joker deh.




3. Menutup Beberapa bagian Sepatu yang tidak ingin terkena cat

Anda dapat menutup bagian bagian yang tidak ingin anda warnai atau memang sengaja anda ingin membuat motif yang berbeda dari warna sepatu saat ini dengan menggunakan lakban kertas.


4. Mulai mewarnai

Anda setelah semua tahapan di atas anda sudah dapat memulai mewarnai sepatu sesuai dengan selera. namun anda harus memilih jenis cat yang tepat. bersikaplah dan nikmatilah seolah anda seorang pelukis maestro. 

gunakan ukuran kuas yang sesuai setidaknya anda butuh 2 ukuran kuas agar nantinya detail detail motif nya lebih bagus



Silahkan klik pada gambar jika ingin membeli 

kuas untuk melukis sepatu :





setelah proses mewarnai selesai anda dapat mengeringkannya menggunakan hair dryer atau jika anda punya anda dapat menggunakan air hot gun. dan jika keduanya tidak ada anda dapat mengeringkannya namun jangan langsung di jemur di bawah sinar matahari, 


5. Setelah kering lapisi cat dengan tinta finishing agar cat lebih awet dan kuat, anda dapat memilih tampilannya glossy atau doff sesuai dengan finishing yang anda pilih. usahakan sepatu tidak terkena air selama 3 hari agar cat menempel sempurna.




pada akhirnya demikianlah proses pengecatan sepatu sangat mudah kan dan pastinya lebih hemat dari membeli sepatu baru karena walaupun anda harus membeli beberapa jenis tinta keperluan mengecat sepatu namun pemakaian tinta tesebut hanya sedikit saja untuk sepasang sepatu dan sangat irit pastinya.

jika anda sudah memiliki beberapa warna cat, preaparer, paint remover dan finishing anda dapat memulai usaha jasa melukis sepatu jika anda mau. 

silahkan klik embongstudio store jika anda ingin membeli semua keperluan untuk perawatan dan mengecat sepatu yang murah dan berkualitas embongstudio store





0 comments: